Belajar Seo Untuk Pemula sampai Bisa Tahu- Akanseo -APA ITU SEO? (Seperti dikutip dari niagaweb.co.id)
SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah cara untuk meningkatkan dan mempromosikan website untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang didapatkan dari hasil pencarian search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo!, dan lain-lain.
Dibaca Juga: Cara Simpel Dan Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing Dan Yahoo
Ada beberapa aspek yang mempengaruhi SEO, mulai dari pilihan kata hingga tautan lain yang menuju website Anda. Sederhananya, SEO bisa dianggap sebagai cara untuk membuat struktur website Anda mudah dipahami oleh search engine (mesin pencari).
Prakteknya, SEO bukan hanya berkaitan dengan membuat website yang search-engine friendly, namun juga berkaitan dengan membuat website Anda disukai pengguna internet. Dalam artikel ini, kita akan belajar SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda.
Dibaca Juga: 6 Langkah Mudah Cara Meningkatkan Traffic Blog
MENGAPA WEBSITE ANDA BUTUH SEO?
Mayoritas trafik website dihasilkan oleh mesin pencari besar seperti Google, Bing, dan Yahoo! Meskipun media sosial bisa meningkatkan kunjungan ke website Anda, tapi search engine tetap menjadi metode navigasi utama yang digunakan oleh pengguna internet.
Search engine memiliki keunikan karena mereka bisa menghasilkan trafik sesuai target, yaitu orang yang benar-benar mencari apa yang Anda tawarkan.
Oleh karena itu, jika search engine tidak bisa menemukan website Anda atau tidak bisa menambahkan konten Anda ke database mereka, maka Anda akan kehilangan kesempatan emas mendapatkan trafik pengunjung ke website Anda!
Dibaca Juga: Pengertian Dari SEO (Search Engine Optimization) Beserta Fungsi nya
Para ahli Google telah memberikan beberapa tips untuk meningkatkan peringkat website Anda di search engine mereka, seperti di bawah ini:
1. Buatlah situs yang menarik untuk pengguna internet, bukan untuk search engine. Jangan menipu pengunjung website Anda dengan menampilkan konten yang berbeda dari yang ada di hasil pencarian search engine, yang biasa disebut sebagai cloaking.
2. Buatlah sebuah situs dengan susunan yang jelas dan mengandung links (tautan). Setiap halaman harus bisa diakses dari setidaknya satu teks tautan statis.
3. Buatlah sebuah situs yang kaya informasi, tulislah konten-konten dengan jelas dan berikan deskripsi yang jelas mengenai konten Anda. Pastikan elemen judul <title> dan atribut ALT deskriptif dan akurat.
4. Gunakan kata kunci untuk membuat URL yang deskriptif dan ramah pengguna. Sediakan satu versi URL untuk menuju sebuah dokumen. Gunakan 301 redirects atau rel-“canonical” elemen untuk mengarahkan ke konten duplikat.
Dibaca Juga: Untuk Membedakan Visitor Dan PageView
SEO DAN STRUKTUR WEBSITE
Ketika kita belajar SEO, sudah pasti kita pun akan mempelajari tentang struktur website yang SEO-friendly, karena struktur website yang baik akan membuat strategi SEO berjalan lancar.
Struktur website yang baik akan membantu optimasi website
Seperti apa struktur website yang SEO-friendly? Tom Schmitz, seorang analis marketing internet dan konsultan ahli bidang marketing, media sosial, dan SEO, menjelaskan bagaimana strategi membuat struktur website yang baik untuk SEO seperti di bawah ini:
Keterangan:
1. Halaman Homepage bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke bawah)
2. Halaman kategori:
setiap halaman kategori bertautan dengan halaman homepage ( tautan ke atas)
setiap halaman kategori bertautan dengan semua halaman kategori lainnya (tautan menyamping)
setiap halaman kategori dengan halaman topik pada kategori tersebut (tautan ke bawah)
3. Halaman Topik
setiap halaman topik bertautan dengan halaman homepage (tautan ke atas)
setiap halaman topik bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman topik bertautan dengan semua halaman topik dalam satu kategori (tautan menyamping)
setiap halaman topik bertautan dengan halaman sub-topiknya (tautan ke bawah)
4. Halaman Sub-topik
setiap halaman sub-topik bertautan dengan halaman homepage (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman topik dalam satu kategori (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman sub-topik dalam satu topik (tautan menyamping)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan halaman kontennya (tautan ke bawah)
5. Halaman konten
setiap halaman konten bertautan dengan halaman Homepage (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman topik dalam satu kategori (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan semua halaman sub-topik dalam satu topik (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman sub-topik dalam satu topik (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman konten dalam satu sub-topik (tautan menyamping)
BELAJAR SEO DAN MARKETING
Setelah Anda mengetahui tentang apa itu SEO dan bagaimana struktur website yang baik untuk SEO, Anda juga harus tahu bahwa SEO tidak hanya sebatas permasalah teknis untuk membuat sebuah website menjadi search engine friendly, tapi SEO juga berkaitan dengan marketing, alias pemasaran. Ini sebenarnya adalah konsep yang penting dalam SEO. Anda bisa saja membangun website yang sempurna, tapi kontennya tidak akan dikunjungi orang jika Anda tidak mempromosikannya.
Dalam teknologi pencarian, ada dua hal yang penting: keterkaitan (relevance) dan seberapa penting konten tersebut!
Sadarkah Anda bahwa sebenarnya search engine saja tidak akan bisa benar-benar melihat kualitas konten website Anda? Hanya manusia,alias pengunjung website, yang bisa menilai apakah website Anda dan kontennya berkualitas atau tidak.
Penilaian tersebut juga akan mempengaruhi hasil SEO. Kenapa? Karena jika tidak ada orang yang tertarik mengunjungi website Anda, maka search engine pun akan mengabaikan keberadaan website Anda!
Karena faktor tersebut, Anda benar-benar sadar bahwa konten website tidak cukup hanya dituliskan, namun harus dibagikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengaksesnya. Search engine memang akan membantu mempromosikan konten yang baik, tapi untuk meningkatkan popularitas website tersebut, Anda pun harus menggunakan cara-cara pemasaran dan promosi, termasuk dengan menggunakan Media Sosial.
Selain menggunakan Media Sosial, usaha apalagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat orang mengunjungi website Anda?
1. Gunakan kekuatan PR
Press Release masih memiliki kekuatan besar untuk promosi. Pastikan Anda meletakkan tautan alamat website Anda di akhir setiap press release.
2. Publikasikan melalui karyawan eksekutif Anda
Buat karyawan eksekutif Anda (para manajer) untuk dapat ditemui media untuk wawancara demi kebutuhan publikasi perusahaan Anda dan pastikan dalam biografi mereka dituliskan tautan yang menuju website perusahaan Anda.
3. Tautan internal
Jika Anda sudah tahu benar apa itu SEO, kami yakin bahwa Anda juga sadar bahwa untuk memaksimalkan SEO, kita tidak boleh hanya mengandalkan sumber eksternal. Kita juga harus memperbaiki juga strategi tautan internal dan memastikan bahwa Google mendapatkan semua sinyal yang menandakan mana halaman yang paling penting dari website kita.
4. Lowongan Pekerjaan
Ketika Anda membuka lowongan pekerjaan, pastikan Anda memberikan tautan ke website Anda. Dengan demikian, selain Anda akan mendapatkan calon karyawan yang potensial, Anda juga akan membawa trafik ke website Anda. Ini bagus untuk SEO!
5. Berikan “gambar gratis”
Apa yang disukai orang? Sesuatu yang gratis! Termasuk gambar yang bisa mereka gunakan tanpa harus membayar. Berikan gambar gratis untuk pengunjung website Anda asal mereka mencantumkan sumbernya (yaitu tentu saja tautan ke website Anda).
6. Bergabung dengan Asosiasi Bisnis
Dengan bergabung dengan asosiasi bisnis, Anda memiliki kesempatan untuk mempublikasikan tautan website Anda pada halaman website asosiasi bisnis tersebut.
7. Menjadi pembicara dalam seminar
Sesekali, cobalah menjadi pembicara dalam seminar di kampus atau sekolah. Selain meningkatkan awareness terhadap merek atau nama perusahaan Anda, acara seperti ini juga memungkinkan Anda mempromosikan tautan ke website Anda.
8. Berpartisipasi dalam kegiatan amal
Berpartisipasi dalam kegiatan amal bisa menjadi sebuah catatan baik bagi perusahaan Anda. Selain itu, acara seperti ini juga akan mengundang publikasi yang memungkinkan Anda mempromosikan tautan ke website Anda juga.
9. Menjadi sponsor acara
Menjadi sponsor sebuah acara adalah salah satu strategi pemasaran yang bagus, sekaligus mempromosikan website Anda. Ketika Anda menjadi sponsor sebuah acara, pastikan logo perusahaan dan tautan ke website Anda ditampilkan pada website acara tersebut beserta media promosi acara tersebut.
10. Membuat kompetisi blog
Pernahkah Anda berpikir untuk membuat kompetisi blog yang mengulas tentang bisnis Anda? Lakukanlah! Tapi jangan lupa untuk mewajibkan para peserta untuk mencantumkannya pada artikel blog mereka. Ini akan membawa trafik ke website Anda dan search engine akan menganggap bahwa halaman website Anda berkualitas.
11. Gunakan testimonial
Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan Anda memiliki banyak manfaat, salah satunya jika Anda bisa membuat mereka memberikan testimonial berkaitan dengan produk atau layanan Anda pada akun media sosial maupun blog mereka. Jangan lupa untuk meminta mereka mencantumkan tautan ke website Anda pada testimonial mereka.
12. Membuat studi kasus
Pada era ini, banyak orang menyukai informasi-infomasi dan studi kasus yang berkaitan dengan kebutuhan dan minat mereka. Manfaatkan hal ini dengan membuat studi kasus yang sesuai dengan target pengunjung website Anda.
Jangan lupa untuk menuliskan tautan website Anda ke dalam studi kasus ini. Sebar-luaskan studi kasus tersebut pada kanal-kanal informasi dan media sosial. Semakin banyak orang yang mengaksesnya, semakin banyak pula kemungkinan membawa trafik ke website Anda dan membantu SEO.
PILIH SEO ATAU GOOGLE ADWORDS?
Pakar SEO dan Adwords saling berdebat tentang mana yang lebih efektif, menggunakan SEO atau Adwords untuk melakukan optimasi yang bertujuan tidak hanya meningkatkan awareness namun juga bertujuan meningkatkan penjualan.
Tanpa banyak berdebat, sebenarnya kita tahu bahwa SEO dan Adwords memiliki kesamaan dalam hal pengaturan kata kunci, serta strategi pembuatan konten yang berkualitas. Kesimpulannya, hal paling ideal yang bisa kita lakukan adalah menggunakan keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Dengan mengkombinasikan kelebihan SEO dan Adwords, kita bisa meningkatkan peringkat website sekaligus meningkatkan pemasaran
Mari kita lihat penjelasan berikut ini:
Google Adwords
Kekuatan besar dari Google Adwords adalah perangkat (tools) yang bisa membantu Anda memahami bagaimana pengguna internet melakukan pencarian. Dengan perangkat ini, Anda bisa dengan cepat memahami dan melakukan tes dengan berbagai macam variabel yang lebih terkontrol. Data yang Anda dapatkan dari tes ini bisa digunakan juga untuk tujuan SEO guna meningkatkan peringkat website Anda.
Sistem periklanan Google Adwords menuntut Anda untuk jadi lebih aktif mengetahui perkembangan trafik. Selain itu juga sangat baik untuk membantu Anda bersaing dengan dengan kompetitor Anda karena bisa memberikan data-data yang akurat yang Anda perlukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari internet.
SEO
Dibandingkan dengan Adwords, SEO memiliki sifat berproses dalam jangka panjang dan kumulatif, sehingga sangat berguna bagi pencapaian jangka panjang Anda. Untuk tujuan ini, data yang didapatkan dari tes pada perangkat Adwords bisa digunakan untuk membantu mengoptimasi website Anda.
Tidak hanya membantu conversion rate, mengkombinasikan Adwords dan SEO, akan membantu optimasi website Anda dalam jangka panjang dan menguntungkan Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada search engine (mesin pencari).
KESIMPULANNYA?
Setelah dipelajari, dan mengerti benar apa itu SEO, apa itu Google Adwords, berserta fungsi keduanya, ternyata SEO dan Google Adwords memiliki kekuatan saling mendukung yang jauh lebih besar dari yang selama ini kita ketahui jika kita bisa mengkombinasikan kelebihan dari masing-masing, salah satunya adalah informasi yang didapat dari perangkat Adwords yang berkaitan dengan kata kunci dan tingkat efektivitasnya bisa digunakan untuk mendukung kampanye SEO.
Kombinasi SEO dan Google Adwords adalah cara paling optimal untuk meningkatkan peringkat website sekaligus mendapatkan lebih banyak pelanggan
Secara holistik, kita bisa menyimpulkan bahwa marketing dengan menggunakan search engine sebaiknya mempergunakan kedua optimasi SEO dan Adwords sebagai sebuah kombinasi ampuh mencapai kesuksesan.
MUngkin itu saja artikel di atas mengenai Belajar seo sampai Tahu semoga bermanfaat informasi di atas dan terimakasih atas kunjungan nya di blog saya.
SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah cara untuk meningkatkan dan mempromosikan website untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang didapatkan dari hasil pencarian search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo!, dan lain-lain.
Dibaca Juga: Cara Simpel Dan Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing Dan Yahoo
Ada beberapa aspek yang mempengaruhi SEO, mulai dari pilihan kata hingga tautan lain yang menuju website Anda. Sederhananya, SEO bisa dianggap sebagai cara untuk membuat struktur website Anda mudah dipahami oleh search engine (mesin pencari).
Prakteknya, SEO bukan hanya berkaitan dengan membuat website yang search-engine friendly, namun juga berkaitan dengan membuat website Anda disukai pengguna internet. Dalam artikel ini, kita akan belajar SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda.
Dibaca Juga: 6 Langkah Mudah Cara Meningkatkan Traffic Blog
MENGAPA WEBSITE ANDA BUTUH SEO?
Mayoritas trafik website dihasilkan oleh mesin pencari besar seperti Google, Bing, dan Yahoo! Meskipun media sosial bisa meningkatkan kunjungan ke website Anda, tapi search engine tetap menjadi metode navigasi utama yang digunakan oleh pengguna internet.
Search engine memiliki keunikan karena mereka bisa menghasilkan trafik sesuai target, yaitu orang yang benar-benar mencari apa yang Anda tawarkan.
Oleh karena itu, jika search engine tidak bisa menemukan website Anda atau tidak bisa menambahkan konten Anda ke database mereka, maka Anda akan kehilangan kesempatan emas mendapatkan trafik pengunjung ke website Anda!
Dibaca Juga: Pengertian Dari SEO (Search Engine Optimization) Beserta Fungsi nya
Para ahli Google telah memberikan beberapa tips untuk meningkatkan peringkat website Anda di search engine mereka, seperti di bawah ini:
1. Buatlah situs yang menarik untuk pengguna internet, bukan untuk search engine. Jangan menipu pengunjung website Anda dengan menampilkan konten yang berbeda dari yang ada di hasil pencarian search engine, yang biasa disebut sebagai cloaking.
2. Buatlah sebuah situs dengan susunan yang jelas dan mengandung links (tautan). Setiap halaman harus bisa diakses dari setidaknya satu teks tautan statis.
3. Buatlah sebuah situs yang kaya informasi, tulislah konten-konten dengan jelas dan berikan deskripsi yang jelas mengenai konten Anda. Pastikan elemen judul <title> dan atribut ALT deskriptif dan akurat.
4. Gunakan kata kunci untuk membuat URL yang deskriptif dan ramah pengguna. Sediakan satu versi URL untuk menuju sebuah dokumen. Gunakan 301 redirects atau rel-“canonical” elemen untuk mengarahkan ke konten duplikat.
Dibaca Juga: Untuk Membedakan Visitor Dan PageView
SEO DAN STRUKTUR WEBSITE
Ketika kita belajar SEO, sudah pasti kita pun akan mempelajari tentang struktur website yang SEO-friendly, karena struktur website yang baik akan membuat strategi SEO berjalan lancar.
Struktur website yang baik akan membantu optimasi website
Seperti apa struktur website yang SEO-friendly? Tom Schmitz, seorang analis marketing internet dan konsultan ahli bidang marketing, media sosial, dan SEO, menjelaskan bagaimana strategi membuat struktur website yang baik untuk SEO seperti di bawah ini:
Keterangan:
1. Halaman Homepage bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke bawah)
2. Halaman kategori:
setiap halaman kategori bertautan dengan halaman homepage ( tautan ke atas)
setiap halaman kategori bertautan dengan semua halaman kategori lainnya (tautan menyamping)
setiap halaman kategori dengan halaman topik pada kategori tersebut (tautan ke bawah)
3. Halaman Topik
setiap halaman topik bertautan dengan halaman homepage (tautan ke atas)
setiap halaman topik bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman topik bertautan dengan semua halaman topik dalam satu kategori (tautan menyamping)
setiap halaman topik bertautan dengan halaman sub-topiknya (tautan ke bawah)
4. Halaman Sub-topik
setiap halaman sub-topik bertautan dengan halaman homepage (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman topik dalam satu kategori (tautan ke atas)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan semua halaman sub-topik dalam satu topik (tautan menyamping)
setiap halaman sub-topik bertautan dengan halaman kontennya (tautan ke bawah)
5. Halaman konten
setiap halaman konten bertautan dengan halaman Homepage (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman topik dalam satu kategori (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan semua halaman sub-topik dalam satu topik (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman sub-topik dalam satu topik (tautan ke atas)
setiap halaman konten bertautan dengan halaman konten dalam satu sub-topik (tautan menyamping)
BELAJAR SEO DAN MARKETING
Setelah Anda mengetahui tentang apa itu SEO dan bagaimana struktur website yang baik untuk SEO, Anda juga harus tahu bahwa SEO tidak hanya sebatas permasalah teknis untuk membuat sebuah website menjadi search engine friendly, tapi SEO juga berkaitan dengan marketing, alias pemasaran. Ini sebenarnya adalah konsep yang penting dalam SEO. Anda bisa saja membangun website yang sempurna, tapi kontennya tidak akan dikunjungi orang jika Anda tidak mempromosikannya.
Dalam teknologi pencarian, ada dua hal yang penting: keterkaitan (relevance) dan seberapa penting konten tersebut!
Sadarkah Anda bahwa sebenarnya search engine saja tidak akan bisa benar-benar melihat kualitas konten website Anda? Hanya manusia,alias pengunjung website, yang bisa menilai apakah website Anda dan kontennya berkualitas atau tidak.
Penilaian tersebut juga akan mempengaruhi hasil SEO. Kenapa? Karena jika tidak ada orang yang tertarik mengunjungi website Anda, maka search engine pun akan mengabaikan keberadaan website Anda!
Karena faktor tersebut, Anda benar-benar sadar bahwa konten website tidak cukup hanya dituliskan, namun harus dibagikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengaksesnya. Search engine memang akan membantu mempromosikan konten yang baik, tapi untuk meningkatkan popularitas website tersebut, Anda pun harus menggunakan cara-cara pemasaran dan promosi, termasuk dengan menggunakan Media Sosial.
Selain menggunakan Media Sosial, usaha apalagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat orang mengunjungi website Anda?
1. Gunakan kekuatan PR
Press Release masih memiliki kekuatan besar untuk promosi. Pastikan Anda meletakkan tautan alamat website Anda di akhir setiap press release.
2. Publikasikan melalui karyawan eksekutif Anda
Buat karyawan eksekutif Anda (para manajer) untuk dapat ditemui media untuk wawancara demi kebutuhan publikasi perusahaan Anda dan pastikan dalam biografi mereka dituliskan tautan yang menuju website perusahaan Anda.
3. Tautan internal
Jika Anda sudah tahu benar apa itu SEO, kami yakin bahwa Anda juga sadar bahwa untuk memaksimalkan SEO, kita tidak boleh hanya mengandalkan sumber eksternal. Kita juga harus memperbaiki juga strategi tautan internal dan memastikan bahwa Google mendapatkan semua sinyal yang menandakan mana halaman yang paling penting dari website kita.
4. Lowongan Pekerjaan
Ketika Anda membuka lowongan pekerjaan, pastikan Anda memberikan tautan ke website Anda. Dengan demikian, selain Anda akan mendapatkan calon karyawan yang potensial, Anda juga akan membawa trafik ke website Anda. Ini bagus untuk SEO!
5. Berikan “gambar gratis”
Apa yang disukai orang? Sesuatu yang gratis! Termasuk gambar yang bisa mereka gunakan tanpa harus membayar. Berikan gambar gratis untuk pengunjung website Anda asal mereka mencantumkan sumbernya (yaitu tentu saja tautan ke website Anda).
6. Bergabung dengan Asosiasi Bisnis
Dengan bergabung dengan asosiasi bisnis, Anda memiliki kesempatan untuk mempublikasikan tautan website Anda pada halaman website asosiasi bisnis tersebut.
7. Menjadi pembicara dalam seminar
Sesekali, cobalah menjadi pembicara dalam seminar di kampus atau sekolah. Selain meningkatkan awareness terhadap merek atau nama perusahaan Anda, acara seperti ini juga memungkinkan Anda mempromosikan tautan ke website Anda.
8. Berpartisipasi dalam kegiatan amal
Berpartisipasi dalam kegiatan amal bisa menjadi sebuah catatan baik bagi perusahaan Anda. Selain itu, acara seperti ini juga akan mengundang publikasi yang memungkinkan Anda mempromosikan tautan ke website Anda juga.
9. Menjadi sponsor acara
Menjadi sponsor sebuah acara adalah salah satu strategi pemasaran yang bagus, sekaligus mempromosikan website Anda. Ketika Anda menjadi sponsor sebuah acara, pastikan logo perusahaan dan tautan ke website Anda ditampilkan pada website acara tersebut beserta media promosi acara tersebut.
10. Membuat kompetisi blog
Pernahkah Anda berpikir untuk membuat kompetisi blog yang mengulas tentang bisnis Anda? Lakukanlah! Tapi jangan lupa untuk mewajibkan para peserta untuk mencantumkannya pada artikel blog mereka. Ini akan membawa trafik ke website Anda dan search engine akan menganggap bahwa halaman website Anda berkualitas.
11. Gunakan testimonial
Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan Anda memiliki banyak manfaat, salah satunya jika Anda bisa membuat mereka memberikan testimonial berkaitan dengan produk atau layanan Anda pada akun media sosial maupun blog mereka. Jangan lupa untuk meminta mereka mencantumkan tautan ke website Anda pada testimonial mereka.
12. Membuat studi kasus
Pada era ini, banyak orang menyukai informasi-infomasi dan studi kasus yang berkaitan dengan kebutuhan dan minat mereka. Manfaatkan hal ini dengan membuat studi kasus yang sesuai dengan target pengunjung website Anda.
Jangan lupa untuk menuliskan tautan website Anda ke dalam studi kasus ini. Sebar-luaskan studi kasus tersebut pada kanal-kanal informasi dan media sosial. Semakin banyak orang yang mengaksesnya, semakin banyak pula kemungkinan membawa trafik ke website Anda dan membantu SEO.
PILIH SEO ATAU GOOGLE ADWORDS?
Pakar SEO dan Adwords saling berdebat tentang mana yang lebih efektif, menggunakan SEO atau Adwords untuk melakukan optimasi yang bertujuan tidak hanya meningkatkan awareness namun juga bertujuan meningkatkan penjualan.
Tanpa banyak berdebat, sebenarnya kita tahu bahwa SEO dan Adwords memiliki kesamaan dalam hal pengaturan kata kunci, serta strategi pembuatan konten yang berkualitas. Kesimpulannya, hal paling ideal yang bisa kita lakukan adalah menggunakan keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Dengan mengkombinasikan kelebihan SEO dan Adwords, kita bisa meningkatkan peringkat website sekaligus meningkatkan pemasaran
Mari kita lihat penjelasan berikut ini:
Google Adwords
Kekuatan besar dari Google Adwords adalah perangkat (tools) yang bisa membantu Anda memahami bagaimana pengguna internet melakukan pencarian. Dengan perangkat ini, Anda bisa dengan cepat memahami dan melakukan tes dengan berbagai macam variabel yang lebih terkontrol. Data yang Anda dapatkan dari tes ini bisa digunakan juga untuk tujuan SEO guna meningkatkan peringkat website Anda.
Sistem periklanan Google Adwords menuntut Anda untuk jadi lebih aktif mengetahui perkembangan trafik. Selain itu juga sangat baik untuk membantu Anda bersaing dengan dengan kompetitor Anda karena bisa memberikan data-data yang akurat yang Anda perlukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari internet.
SEO
Dibandingkan dengan Adwords, SEO memiliki sifat berproses dalam jangka panjang dan kumulatif, sehingga sangat berguna bagi pencapaian jangka panjang Anda. Untuk tujuan ini, data yang didapatkan dari tes pada perangkat Adwords bisa digunakan untuk membantu mengoptimasi website Anda.
Tidak hanya membantu conversion rate, mengkombinasikan Adwords dan SEO, akan membantu optimasi website Anda dalam jangka panjang dan menguntungkan Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada search engine (mesin pencari).
KESIMPULANNYA?
Setelah dipelajari, dan mengerti benar apa itu SEO, apa itu Google Adwords, berserta fungsi keduanya, ternyata SEO dan Google Adwords memiliki kekuatan saling mendukung yang jauh lebih besar dari yang selama ini kita ketahui jika kita bisa mengkombinasikan kelebihan dari masing-masing, salah satunya adalah informasi yang didapat dari perangkat Adwords yang berkaitan dengan kata kunci dan tingkat efektivitasnya bisa digunakan untuk mendukung kampanye SEO.
Kombinasi SEO dan Google Adwords adalah cara paling optimal untuk meningkatkan peringkat website sekaligus mendapatkan lebih banyak pelanggan
Secara holistik, kita bisa menyimpulkan bahwa marketing dengan menggunakan search engine sebaiknya mempergunakan kedua optimasi SEO dan Adwords sebagai sebuah kombinasi ampuh mencapai kesuksesan.
MUngkin itu saja artikel di atas mengenai Belajar seo sampai Tahu semoga bermanfaat informasi di atas dan terimakasih atas kunjungan nya di blog saya.
wih mantap lengkap banget mas artikel nya. alhamdulilah jadi mengerti saya tentang seo lebih dalam lagi
ReplyDelete